Rapat Koordinasi Serta Penanganan Kamtibmas Di Wilayah Kecamatan Sunggal Deli Serdang

Sunggal, Bidikkasusnews.com -  Rapat Koordinasi Kamtibmas yang diadakan diruangan kerja kantor Camat Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang yang dihadiri beberapa Muspika Camat Sunggal Danang Yuda Pratama SS.TP,  M.AP,  bersama Kapolsek Medan Sunggal AKP Bambang G. Hutabarat SH. MH dan 17 Kepala Desa se- Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang adapun rapat ini,  Rapat yang melanjudkan rapat koordinasi yang dilaksanakan di Polsek Sunggal Rapat koordinasi  (Rakor) intensif terkait Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) Hari Senin (22/7/2024).

 Rapat Koordinasi ini dilakukan dalam rangka memastikan keamanan dan ketertiban di wilayah Desa, Kecamatan Sunggal Deli Serdang terjaga dengan baik, khususnya di beberapa Desa dan Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.

Dalam pertemuan tersebut, Camat Sunggal Deli Serdang menyampaikan pentingnya saling kerjasama antara pemerintah Kecamatan, Kepolisian, TNI, dan Pemerintah Desa dalam menjaga keamanan lingkungan.

 "  Rapat koordinasi ini menjadi langkah strategis untuk memastikan keamanan masyarakat di wilayah tetap terjaga optimal. Kami bersama Polsek Medan Sunggal dan 17 Kepala - Kepala Desa  berkomitmen untuk bekerja sama dalam mengatasi berbagai tantangan Kamtibmas yang mungkin timbul," ujar Danang.

Camat berharap, Agar di pertemuan berikutnya nanti agar mengundang 17 Kepala Desa yang ada disunggal, dan juga bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk selalu berkoordinasi dalam meningkatkan penanganan Kamtibmas di wilayah kecamatan Sunggal.

Selesai rapat koordinasi  Kapolsek Medan Sunggal AKP Bambang G. Hutabarat . SH. MH. pamit terlebih dahulu bersama beberapa anggota Polsek Sunggal dari ruangan rapat, karena masi ada kegiatan lain harus kami hadiri,  kemudian rapat dilanjutkan dengan Percepatan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga Pajak Bumi Bangunan (PBB) Kecamatan Sunggal bersama Camat Sunggal Danang Yudha Pratama meminta agar pajak dapat terjangkau dan meminta kerjasama kepada 17 Kepala Desa dan juga Kepala Dusun dari masing - masing Desa yang ada di Sunggal, " Pinta Camat. 

Camat Sunggal dalam rapat tersebut menegaskan seluruh Kepala Desa, juga  perangkat Desa , bahkan Kepala Dusun harus menunjukkan surat tanda lunas atau bukti pembayaran PBB nya masing-masing Desa dari 17 Kepala Desa sebagai syarat untuk pengajuan Stap di Desa.

Camat Sunggal meminta bukti pembayaran PBB minimal 5 orang dari setiap Desa setiap hari untuk pasti memaksimalkan peningkatan PAD di Kecamatan Sunggal Deli Serdang, " Pinta Camat Sunggal. 

Kapolsek Sunggal, AKP Bambang G. Hutabarat. SH , MH. menambahkan bahwa kehadiran Camat Kecamatan Sunggal Danang Yudha Pratama SS.TP. M. AP. dan 17 Kepala Desa Sala satu kepala Desa Serba Jadi Marlon Purba, Desa Sei. Mencirim Sugeng Suheri, yang ada di Sunggal. 

rapat koordinasi tersebut adalah untuk memperkuat sinergi antara Pemerintah dan Kepolisian dalam menghadapi potensi gangguan keamanan.

 ".Kami sangat mengapresiasi kehadiran Camat Sunggal Danang Yudha Pratama  dan 17 Kepala - Kepala Desa yang mengikuti rapat koordinasi ini. Bersama -sama, kami akan terus melakukan patroli dan pengawasan untuk menjaga ketertiban di seluruh wilayah hukum Polsek Sunggal, bahkan Saya akan menindak tegas petugas dari satuan Polsek Sunggal atau bhabinkamtibmas yang tidak aktif di desa dan tidak menutup kemungkinan akan merotasi petugas tersebut. " Tegas Kapolsek. 

Nantinya anggota Polsek Sunggal dibantu personil dari Polrestabes Medan juga dari Brimob Poldasu untuk membantu pengamanan Kamtibmas di tiga kecamatan yaitu Sunggal Deli Serdang Medan Sunggal dan Medan Selayang.

Kapolda Sumut sangat mengharapkan agar jalur - jalur yang dilintasi nanti menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumut dan Aceh nantinya dapat disterilkan dari potensi yang akan membuat kemacetan dan kami dari Polsek Sunggal sangat berharap peran dan kerjasama agar  bersinergi Camat Sunggal dan 17 Kepala Desa ikut membantu Polsek Sunggal dalam melaksanakan tugas-tugasnya disaat dilaksanakan PON di Medan -- Aceh, " haraf Kapolsek Bambang.

Rapat koordinasi Kamtibmas ini juga menekankan pentingnya partisipasi dan kerjasama aktif masyarakat dalam mendukung upaya menjaga keamanan, yang disampaikan Kepala Desa Serba Jadi Marlon Purba menyatakan, Pertama kesiapannya untuk menggerakkan pos kamling (pos ronda) di tingkat desa sebagai upaya berbagi dalam mencegah tindakan kriminal. 

" Kami akan terus mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan lingkungan di Desa kami demi menciptakan kondisi yang aman dan nyaman terutama apa yang disampaikan Camat Sunggal terkait Masi kurang nya masyarakat untuk membayar PBB untuk meningkatkan PAD Kabupaten Deli Serdang  agar membayarkan pajak PBB nya untuk  semua warga masyarakat Desa masing -masing terutama juga kecamatan Sunggal Deli Serdang, " Ucap Marlon. 

Adapun Rapat koordinasi Kamtibmas yang diadakan diruangan kerja Camat Sunggal yang hadir adalah, Camat Sunggal Danang Yudha Pratama, Kapolsek Sunggal AKP Bambang G. SH. MH. Hutabarat. beberapa Anggota  Polsek Sunggal dan juga  Kepala Desa se- Kecamatan Sunggal yang semuanya mencerminkan komitmen bersama dalam menjaga keamanan dan ketertiban disaat berlangsung nya acara Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diadakan wilayah Aceh - Medan Sumatera Utara.  Dengan sinergi yang baik antara Pemerintah kecamatan Sunggal, kepolisian, dan pemerintah desa, diharapkan lingkungan yang aman dan nyaman dapat terus terjaga bagi seluruh warga masyarakat Kecamatan Sunggal Deli Serdang, " Pinta Kades Marlon. 

(M. Parulian. Simanjuntak)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami