Bawaslu Labuhanbatu Buka Rekrutmen Pengawas TPS Pada Pilkada Serentak 2024

Labuhanbatu, Bidikkasusnews.com - Bawaslu Labuhanbatu, Rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Walikota Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Labuhanbatu membuka pendaftaran mulai tanggal 12 sampai dengan 28 September 2024.

Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu akan menerima Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) sebanyak 708 orang merujuk pada jumlah TPS yang terdapat di Kabupaten Labuhanbatu pada Pemilihan serentak Tahun 2024 nantinya.

" Ya betul Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu saat ini melakukan sosialisasi untuk perekrutan PTPS untuk betugas wilayah Kabupaten Labuhanbatu bertugas mengawasi seluruh tahapan dan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS " ucap Makmur Anggota Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu selaku Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat , Kamis (12/9/2024).

Beliau juga menerangkan sesuai dengan juknis sebagai persyaratan untuk menjadi Pengawas Pemungutan Tempat Suara (PTPS) Kabupaten Labuhanbatu.

"Sesuai juknis usia yang menjadi syarat untuk menjadi PTPS paling rendah 21 tahun pada saat mendaftar dengan pendidikan paling rendah minimal SMA sederajat" tambahnya.

Makmur juga mengatakan bahwa yang ingin mendaftar dapat mengakses seluruh pengumuman dan persyaratan pendaftaran melalui Panwaslu Kecamatan terdekat.

Sebagai informasi menurut Pasal 1 angka 23 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum disebutkan bahwa Pengawas Tempat Pemungutan Suara yang selanjutnya disebut Pengawas TPS adalah petugas yang dibentuk oleh Panwaslu Kecamatan untuk membantu Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD).

Lebih rinci tugas Pengawas TPS berdasarkan Pasal 114 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dinyatakan bahwa Pengawas TPS bertugas mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara, dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS.

(Aminullah Hrp / Humas Bawaskab LB)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami